Rabu, 06 Oktober 2010

Happy Holiday


Pada umumnya liburan itu ya di hari sabtu atau minggu (week end), tapi bagi sebagian orang yang kerjanya shift kayak aku gini liburannya jadi nggak tentu, kadang pas week day dan kadang bisa saja pas week end, tergantung bagaimana pola roster berjalan dan akan berhenti setelah melewati dua malam shift.

Liburan adalah saat-saat yang barangkali ditunggu-tunggu oleh sebagian orang. Bagi yang sudah berkeluarga libur adalah saat yang tepat buat kumpul dengan anggota keluarga yang lain, teman, atau kerabat bahkan bisa juga di liburan week end dapat digunakan untuk melebarkan sayap perusahaan dengan ketemu client pada kesempatan yang lebih santai karena tidak dikejar-kejar waktu.

Selain liburan week end dan libur habis 2 shift malam, ada juga liburan hari-hari besar, atau liburan yang sengaja diciptakan sendiri dengan artian ambil cuti buat liburan.

Temenku bilang, saat libur adalah saat yang penting buat dirinya, karena saat libur adalah saat dimana dia bisa berkumpul dengan anak-anaknya sepanjang hari, bisa mengurus anak berangkat sekolah, mandiin, dan nyiapin sarapan.

Temenku yang lain bilang, saat liburan akan digunakannya untuk hipernasi, tidur sepanjang hari, makan, bermalas-malasan dan memanjakan diri dengan pergi ke salon atau cuci mata di mall.

Tentu saja bagi setiap orang liburan akan memiliki arti tersendiri yang semuanya tentu saja adalah hak mereka masing-masing untuk memanfaatkannya.

“Ya, tak ubahnya mesin, manusiapun butuh waktu untuk rehat fisik maupun pikiran barang sesaat” kata salah seorang temenku.

Jadi, bagaimana dengan kesempatan liburan yang digunakan untuk bekerja karena tuntutan atasan atau tuntutan pekerjaan? Karena ketenagaan sedang kurang sehingga jatah waktu libur diambil untuk bekerja dihitung lembur.
“kalau aku mending jangan dihitung lembur saja dech, diganti libur dilain waktu saja…” begitu sebagian besar komentar yang keluar ketika diminta lembur disaat liburan.

Hal ini membuktikan betapa berartinya liburan, apalagi bagi pekerja shift dimana liburnya adalah setelah 2 malam kerja baru dapat libur. Tentunya libur akan lebih terasa nikmatnya.

Happy holiday, aku maknai sebagai hari yang dipake buat senang-senang, yup, bagiku libur bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Aku tidak suka kalau liburanku ada yang menggangu gugat, biarlah liburanku aku sendiri yang memanfaatkannya sebaik dan semaksimal buat hidupku.

Tidak ada komentar: