Jumat, 04 Januari 2013

Mobility University-nya Beasiswa Erasmus Mundus

Program beasiswa Erasmus Mundus memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk kuliah di lebih dari dua universitas dalam satu program. Beasiswa ini memang diidentikkan dengan mobility university. Yang namanya mobility university mahasiswanya diberikan fasilitas akses ke universitas-universitas yang tergabung dalam konsorsium dari setiap program ke Negara yang berbeda. Sebagai contohnya program master emergency dan critical care nursing, anggota university konsorsium-nya adalah University of Oviedo (Spanyol) sebagai coordinator konsorsium, Helsinky Metropolia Applied Science University, Algarve University (Portugal) dan Politechnic of Santarem (Portugal).
Di semester pertama, aku sudah merasakan hal itu. Diawal-awal perkuliahanpun sudah terasa berbeda. Dosen-dosenya dari berbagai universitas tersebut diatas yang mengajar. Ada yang datang langsung tatap muka atau melalui video conference. System signal dan jaringan internet yang memadai dibutuhkan untuk memperlancar program pengajaran seperti ini.
Dengan diberikannya kesempatan untuk menempuh pendidikan diberbagai university yang berbeda dan Negara yang berbeda, memberikan banyak hal yang bisa dipelajari. Seperti system pendidikan, kultur, lingkungan, bahasa, dan masih banyak lagi. Bahkan sejarah dari setiap tempatpun dipaparkan.
Hal yang menarik lainnya adalah misalnya pindah universitas maka diwaktu awal-awal yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk jalan-jalan mengeksplore tempat-tempat di daerah tersebut. Bahkan dari sekolah menyediakan bus yang siap mengantar dan menunjukkan tempat-tempat menarik dan bagus. Dosen-dosen pun sangat antusias ketika mengantarkan kami mengunjungi berbagai tempat pariwisata dan mengenalkan kebudayaan, kultur dan sejarah dari kota tua disekitar tempat yang ada.
Tak kalah menariknya adalah sambutan mereka yang selalu mengadakan pesta makan dan minum-minum. Mungkin ini sudah menjadi tradisi di LN untuk menyambut tamu mereka akan mengadakan acara party2 ini. Walaupun bukan menjadi bagian kebudayaanku, namun aku mencoba untuk menghargai undangan dan acara mereka. Walaupun setelah sampai di tempat acara aku tidak bisa ngapa-ngapain (tidak bisa makan, tidak bisa minum karena semuanya diharamkan) namun berkumpul bersama mereka memberikan pengalaman menarik tersendiri.
Untuk beberapa rekan yang ingin mencoba keberuntungan mengikuti program ini, aku ada info dari status seorang teman di FB, ini copy-pastenya.
Untuk pengenalan, apa itu program beasiswa Erasmus Mundus? silahkan kunjungi http://emundus.wordpress.com/, atau langsung cek ke web-nya sambil mempelajari program yg ditawarkan http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php
untuk mendukung semangat, jangan lupa beli buku ini http://emundus.wordpress.com/2011/07/18/beasiswa-erasmus-mundus-the-stories-behind/ dan yang terbaru http://rindupulang.blogspot.com/2012/11/berbagi-rasa-eropa.html dan http://www.youtube.com/watch?v=a5X4f3W-UGQ Selamat mencoba…

1 komentar:

taruhanayamonline mengatakan...

Sudah seru, odds nya menguntungkan lagi!!. itulah permainan sabung ayam online di agen sabung ayam
Dapatkan informasi penting dalam dunia sabung ayam di website bawah ini
https://diigo.com/0cmlbo