Selasa, 14 September 2010

Kerja Shift..


“Selamat pagi…” sapa temenku, sambil cengar cengir karena datang telat saat serah terima dinas malam ke dinas pagi sudah dimulai 30 menit yang lalu.
“Pagi…” serentak kami menjawab salam temenku tersebut, cuek.
“Memangnya kamu masuk pagi” Tanya coordinator ruangan yang saat itu sedang memegang manual roster.
Jiah….salah jadwal!!!
Seringkali hal seperti ini terjadi bagi temen2 yang ceroboh tidak memperhatikan jadwal sehari sebelumnya atau saat lepas n akan libur. Kejadian yang kadangkala membuat BT karena dah jauh2 datang buat kerja malah salah jadwal, apalagi temenku itu dah telat, dating lari2, mengejar kereta pagi, sampe tempat kerja malah salah jadwal…sial…pikirnya.
YUps, aku kerja shift disebuah tempat kerja yang membuat jadwal secara roster, dimana dibikin komputerize sesuai pola, sehingga pola jadwal ya sama2 terus.
Bagi yang kerjanya 3 shift, roster kerjanya 2 pagi, 2 sore, 2 malam trus lepas libur, pagi 7 jam, sore 7 jam dan malamnya yang 10 jam.
Nah bagi aku dan temen2 yang kerjanya 2 shift 2 pagi, 2 malam n lepas libur. Masing-masing 12 jam kerja.
Walaupun jadwal di bikin roster komputerize, namun karena kadang2 ada yang membutuhkan ijin atau sakit, maka kadangkala ada jadwal yang dibuat manuat, dengan artian tidak sesuai pola untuk beberapa hari yang tentunya akan merubah pola2 jadwal staf yang lain. Hal inilah yang kadangkala ketika seseorang kurang aware dengan perubahan atau pola yang beda menjadi salah jadwal.
Kerja shift membutuhkan extra hati2 dalam menyeimbangkan asupan gizi pada makanan dan extra menjaga kesehatan, karena kerja shift telah merombak kondisi normal metabolisme tubuh dan system biologis tubuh.
Sebagai contohnya, ketika shift malam. Tengah malam jam 12 malam dimana kebanyakan orang sedang beristirahat melepas lelah seharian kerja, dimana system pencernaan juga harus istirahat, namun kami yang shift malam, jadwal makan ya jam-jam tersebut.
Tidak dipungkiri lagi memang kerja shift telah benar2 merombak system biologis yang kadang2 serampangan dan tidak teratur. Jadi extra hati2 dalam menjaga kesehatan adalah hal terpenting agar tetap fit dan memiliki produktivitas kerja yang handal.
Namun subhanallah, Allah telah menyempurnakan tubuh manusia dengan segala aspeknya, termasuk didalamnya adalah mekanisme koping secara fisik maupun psikis.
Alhamdilillah, tubuh manusia telah disetting sedemikian rupa oleh Sang Kreator, agar mudah beradaptasi, mudah menyesuaikan kondisi disekitarnya.
Nah, bagi aku. Kerja shift bukan suatu hal yang mengancam kesehatan atau bahkan mengancam jiwa. Kerja shift telah memberikan aku saat2 yang asyik buat bangun siang (hobbyku…) bayangkan saja jika aku harus kerja tiap hari dan harus bangun pagi2…uh…pasti membosankan
Trus kerja shift juga telah membuat aku mengatur jadwal ketika banyak orang sedang sibuk kerja aku bias belanja dengan leluasa di weekday, atau jadwal nonton bioskop di weekday saat harga tiket murah dan tidak banyak antrian.
Kerja shift juga yang dengan fleksible aku bias menyesuaikan jadwal ketika aku ada keperluan mendadak atau tukeran dinas dengan teman ketika ada jadwal show mendadak….hehehehe…misalnya.. 
Jadi, agar tubuh tidak semakin stress dengan kondisi kerja shift, let’s enjoy our roster, jangan biarkan pikiran tambah tertekan yang akan semakin menyiksa batin dan tubuh kita.

Tidak ada komentar: