Selasa, 30 Oktober 2012

Langkah Pengajuan Beasiswa Erasmus Mundus Action 1

1. Pantengin website Erasmus mundus http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php#fragment-4 atau masukan “Erasmus mundus program” di search engine-nya google Sering-seringlah di cek websitenya, biasanya pembukaan pendaftaran dibulan September-Desember tiap tahunnya.
2. Pilih Action 1 Disana terdapat action 1, action 2 dan action 3. Masing2 ada penjelasannya dalam website, yang jelas. Action 1 adalah beasiswa “full scholarship” baik untuk master maupun doctoral. Action satu bisa di akses oleh individual tanpa adanya embel2 kerjasama institusi pendidikan di Indonesia dan institusi pendidikan di eropa.
3. Pilih program Master Kalau mau program doctoral juga ada, tp yng khusus keperawatan sptnya belom ada. 4. Pilih salah satu field yang sesuai dengan keinginan Biasanya akan diberikan link website untuk masuk kedalam halaman web masing2 program.
5. Langsung masuk ke website Setahuku, terakhir buka (4/9/2012) ada 4 pilihan bidang kesehatan yang menarik untuk di apply
a. http://www.masternursing.eu/
Program ini yang saat ini saya jalani.
b. http://www.pubhealthdisasters.eu/
c. http://www.em-troped.u-bordeaux2.fr/
d. http://www.europubhealth.org/index.php/en/
Secara teori, kita bisa apply maksimal 3 program studi secara bersamaan. Namun nantinya setelah diterima harus pilih salah satu.
6. Syarat-syarat sesuikan dengan tiap bidang studi yang diinginkan
7. Misalkan kamu pilih program no.5 diatas, sesuai website disebutkan bahwa syarat-syaratnya adalah :
a) A complete and signed standard application form
Kamu daftar secara online diwebsite-nya, setelah daftar selesai kamu print form pendaftaran yang sudah kamu isi.
b) A copy of the passport or other official identification proof
Harus ada, copy bagian depan yang ada fotonya saja. Ingat : jangan asal copy, hasil copy passport juga harus di legalkan ke notaries atau ke imigrasi.
c) University certified or notarized copies of diplomas and translations in English.
Copy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dalam bahasa inggris. Sebaiknya translator yang tersumpah, atau kalau ada yang dari universitas langsung. Baiknya kedua dokumen ini disahkan juga ke Departemen Hukum dan Ham serta Departemen Luar Negeri
d) Copies of diploma supplements stating courses completed and grades obtained for each course and translation in English.
Boleh disertakan sertifikat pelatihan ataupun seminar, symposium atau apapun yang kamu anggap mendukung. Baiknya yang dalam bahasa inggris. Note : jangan asal di copy, baiknya setelah di copy trus di sahkan oleh notaries.
e) Copies of language tests scores and language certificates (TOEFL/IELTS, etc.) or an official letter from your University stating, that studies were in English.
Pengalamanku, menggunakan Institutional Paper Test (Toef IPT) dari UI. Ada batas minimalnya di website bisa di liat. Kalo terpaksa hasilnya gak nyampe, jangan minder n gak jadi daftar. Daftar saja!! Rejeki Alloh yang atur kok. Yang penting niat baik, berdoa, berusaha dan sedekah!!
f) Letter of motivation Dibuat dalam bahasa inggris, mengenai contoh2 isi motivation letter bisa di cari di google dengan ngetik “Motivation letter” di search engine-nya google… Ingat : bukan untuk di jiplak isinya tapi untuk referensi saja. Bisa juga buka http://emundus.wordpress.com/ untuk mengetahui tips2 membuat Motivation letters tersebut
g) 2 reference letters Baiknya 1 dari University asal (Undip) satunya dari t4 kerja. Boleh diberikan lebih, misal dari organisasi profesi dll.
h) Academic and professional CV
Pembuatan CV harus disesuikan dengan CV2nya orang eropa. Pembuatan CV online standar orang eropa bisa di buat via website http://europass.cedefop.europa.eu/
8. Poit 7 akan sangat situasional tergantung masing2 program pilihan, namun pada dasarnya akan sama spt itu…
9. Mungkin itu dulu, apa yang bisa saya sampaikan. Kalau ada pertanyaan silahkan dilayangkan ke gentole83@gmail.com
10. Good Luck!!

1 komentar:

Muhamad My ham Yasin mengatakan...

Saya pnya INI uang koin eoru dan dollar namibia dll, yg minat inbok aja fb muhamad yasin,tnks
Cirebn jawa barat