Jumat, 01 April 2011

Pesan Tiket Pesawat Online yang bermasalah


Setelah 4 tahun sudah aku tidak pulang kampung dan bersilaturahmi dengan keluarga, akhirnya bulan November kemarin aku putuskan untuk pulang ke rumah juga.
Masih teringat sekali, waktu itu wisuda sarjana tahun 2005 saat aku ditemani oleh kedua orang tuaku dan wisuda profesi tahun 2006 adalah saat terakhir aku bertemu dengan anggota keluargaku. Menggebu-gebu rasa rindu ini menyesakkan dada disetiap saat, cuman diakhir tahun 2005 itu keluargaku memutuskan untuk pindah ke Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Kotawaringin Timur (orang-orang lebih mengenalnya Sampit). Jadi semakin jauh lah jarak antara kami. Taka pa, yang penting komunikasi via telpon atau hanya sekedar via short message selalu kami jalin. Jadi Alhamdulillah silaturahmi tetap terjaga.
Setelah bekerja menetap di sebuah rumah sakit di tangerang selama dua tahun, akhirnya aku bisa mengumpulkan libur cuti yang bisa digunakan untuk pulang ke rumah.
Aku putuskan untuk neik pesawat saja, karena setelah aku searching di internet ternyata ada pesawat yang bisa mencapai Sampit. Pilihan naik pesawat karena kalau jalan kaki pasti gak mungkin, naik kapal bakalan berhari-hari nyampe Sampit-nya.
Naik pesawat bukanlan yang pertama kali buatku, tapi ini adalah pertama aku naik pesawat sendiri dan aku urus sendiri.
Setelah hasil searching menunjukkan bahwa ada satu maskapai penerbangan nasional (M = nama burung) adalah satu-satunya maskapai penerbangan domestic yang mencapai Sampit, akhirnya aku coba buka web dari maskapai penerbangan tersebut, dan ternyata benar bahwa disana disebutkan adanya penerbangan tujuan ke bandara H. Asan Sampit dari Cengkareng Jakarta. Tapi sayang tidak setiap hari ada rute penerbangan ke sana.
Tanggal 13 November aku pilih menjadi tanggal pemberangkatanku, saat booking tiket online. Dan tanggal 18 November sebagai tanggal kembali dari Sampit. Aku bersyukur banget tanggal tersebut ada rute penerbangan dari pesawat “M” ini.
Booking sudah aku lakukan, sekarang tinggal bayar tiket via ATM.
Di web tersebut dijelaskan bagaimana tata cara dan peraturan bila seseorang akan melakukan booking via online.
1. Jika 3 jam booking sheet tidak diselesaikan pembayarannya, maka tiket hangus.
2. Pembayaran bisa dilakukan via ATM Mandiri Visa, Klik BCA dan kartu kredit.
Pokoknya, aturan dan langkah-langkah pembayarannya jelas banget.
Pas nyampe di ATM Mandiri, aku ikutin saja langkah-langkah yang disebutkan di web tadi, nah diakhir transaksi disebutkan “Maaf transaksi yang anda lakukan tidak dapat kami proses, untuk lebih jelasnya hubungi call centre”.
Gubrak…..!!! kenapa ini? Akhirnya aku sambangi kantor Bank tersebut yang letaknya disamping ATM. Waktu itu aku bertemu dengan satpamnya saja karena kantor sudah tutup katanya. Aku sampaikan saja masalah yang aku alami, dan kata pak satpamnya kemungkinan karena jaringan ATM yang lagi bermasalah….
Aku hubungi saja call centre bank mandiri, yang nerima customer service aku lupa namanya, tapi malah dia kayaknya bingung karena tidak paham dengan langkah-langkah yang aku lakukan via ATM mandiri, katanya langkahnya tidak begitu…
“Lha kok, gak kompak gini antara Mandiri dan Pesawat “M” ini???”
Duh…gimana neh, aku kan harus booking tiket, takut kehabisan atau kalau bookingnya mepet ntar dapet harga yang mahal.
Hari berikutnya aku booking lagi via online, dan aku coba bayar lagi via ATM mandiri visa. Lagi-lagi masalah yang sama terjadi, bahwa proses transaksi tidak dapat dilakukan.
Jailah…masalah jaringan lagi? Pikirku. ..
Aku sambangi lagi satpam yang sama, aku langsung ceritakan masalah yang sama, dia tetap jawab mungkin jaringan, atau hubungi call centre lagi….
Yah…gak menyelesaikan masalah banget.
-------------------
Akhirnya Aku hubungi saja call centre maskai penerbangan “M” ini dan disarankan booking via call centre ini saja. Memang harganya lebih tinggi dibandingkan dengan booking via online internet, tapi gak papa dech, yang penting dapet tiket buat pulang.
Benar adanya, setelah dapet kode booking dari si mas yang nerima bookinganku, pas aku mau bayar di ATM langsung bisa dip roses…..
“Jiah….ini mah namanya kebohongan terstrukture..” pikirku….
Jadi, intinya : booking via call centre harga lebih mahal, booking via internet walau harga murah tapi tidak bisa dip roses……
“Buang-buang waktu saja…”
TIPS :
Mau naik pesawat murah? Booking saja via call centre, satu tahun sebelum jadwal keberangkatan….

Tidak ada komentar: