Sabtu, 13 Desember 2008

Menilai Diri Kita...



Pernahkah kita pergi ke tempat potong rambut? Atau lebih keren lagi mungkin ke salon, di sana saat rambut kita di potong atau di rapikan kita akan melihat bagian belakang dari tubuh kita, karena di sana di pasang kaca di belakang kita, jadi dengan mudah kita dapat melihat penampakan belakang tubuh kita.


Pernahkah kita merasa asing dengan penampakan yang ada pada diri kita dari arah belakang? Pernahkah kita terperanjat ternyata apa yang kita bayangkan selama ini tidak sama dengan kenyataan dari apa yang kita liat saat itu?


Pernahkah kita berfikir kenapa hal tersebut terjadi? Pernahkah kita benar-benar mencoba mengenali siapa diri kita sebenarnya?


Mungkin hal tersebut hanyalah contoh kecil dari kekurangan kita yang penuh dengan ketidak sempurnaan, penampakan diri kita secara fisik dari belakang saja tidak tahu, apa lagi sisi-sisi yang lain?


Sisi lain dari fisik tentunya adalah psikis, kemampuan berfikir, potensi diri dan lain sebagainya, mampukah kita semua menilai secara objective, adil dan proposional siapa diri kita sebenarnya? Apa yang kita miliki dan potensi apa yang dapat kita berikan bagi kemaslahatan orang lain?


Mungkin selama ini kita terlalu banyak melihat penampakan bagian belakang dari tubuh orang lain, dan lebih dari itu seringkali kita lebih tahu mengenai kondisi orang lain dan dengan mudah menilai siapa mereka dari pada evaluasi terhadap diri kita sendiri.


Tidak ada komentar: