Sabtu, 07 Juni 2008

Perjalananku ke Semarang

Setelah hampir satu tahun lamanya aku tidak berkunjung ke semarang, kota yang selama 5 tahun telah membesarkan jiwaku dan menggemblengku ke dunia keperawatan. Kota yang begitu panas kata orang, namun kataku masih panas dan gersang jakarta kok..( pastinya..)
Saat kuputuskan untuk ke Semarang, alhamdulillah jadwal kerjakupun bertepatan sekali dengan jatah libur setelah jaga malam. Angankupun mulai bermain-main teringat bagaimana keadaan kota Semarang saat ini, bagaimana kondisi kampus tercinta dan bagaimana-bagaimana yang lainnya.
Sore yang cerah kulangkahkan kaki ini menuju Stasiun Kereta Api Senen, semalam waktu dinas di RS aku dah searching jadwal kereta dan kuputuskan untuk membeli tiket yang jam 15.00 sore saja supaya sampai di Semarang masih belum begitu malam sehingga masih bisa istirahat dan tidur untuk hari esoknya.
Sesampainya di stasiun senen alhamdulillah tidak ada antrian panjang pembelian tiket, hanya ada beberapa orang saja, tepatnya 2 orang yang sedang membeli tiket di depanku sehingga dengan cepat ku dapatkan tiket di tangaku. Tiket kereta api Bangunkarta akan berangkat tepat pukul 15.00 dan di jadwalkan akan sampai di Semarang sekitar pukul 21.56. Sambil menghela nafas aku langkahkan kakiku masuk ke stasiun. Tak berapa lama kemudian KA Bangunkarta datang dan membawaku menjelajah utara pantai jawa dan tibalah aku di Semarang kurang lebih pukul 22.15
Sepanjang perjalanan, ku lewati lebih banyak tidur, sekedar membuang waktu karena duduk selama hampir 8 jam membuat kaki terasa kaku-kaku. Setelah kuceritakan kepada temenku kalo aku duduk 8 jam kakiku sakit, dia mengusulkan supaya ketika di kereta jangan hanya sekedar duduk tapi jalan-jalan saja mencari makan, melihat pandangan di luar dengan nongkrong-nongkrong di antara gerbong..atau sekedar TP2 .. Boleh juga usul temen aku itu..
Sesampainya di Semarang alhamdulillah seorang teman menjemputku, dan meminjamkan sepedanya ke aku...
Kupacu sepeda menuju rumah seorang teman, tepatnya adik tingkatku, di tengah malam yang sudah cukup lengang. Masih ku ingat saat dulu kurang lebih 2 tahun yang lalu ketika aku selalu menjelajah malam di kota semarang sekedar untuk membuang rasa bosan di kost dan mencari inspirasi...ciee.... Masih ku ingat juga seandainya saat itu aku mengendarai sepeda di kota Jakarta pasti jam segini masih rame tak selengang ini. Namun begitulah Semarang, kota provinsi jawa tengah yang belum juga beranjak ke perkembangan metropolitan....
Kulalui hariku di Semarang dengan sepeda pinjaman temenku, hari yang cerah dan kuhirup udara yang terasa segar di hari ini. Aku berencana untuk sehari saja di Semarang, setelah itu sorenya langsung pulang ke Jakarta karena esok harinya aku jaga sore.
Hari itu ku lalui dengan mengunjungi tempat-tempat yang dulu sering aku kunjungi sewaktu aku di Semarang, melihat indahnya kota Semarang dari bukit gombel, jalan ke bukit cinta... bener2 suasana yang telah hampir satu tahun terlupakan saat itu ada di depan mataku, kembali membuatku terhempas ke saat-saat bersama teman-teman kuliah bercengkrama melukis kisah yang tak mungkin terlupakan. Masih banyak lagi tempat-tempat yang kukunjungi dan kucoba untuk menggali lagi kenangan-kenangan yang dulu sempat ku lukis bersamanya.
Tepat jam 17.00 lengkap sudah perjalanan mengobati rasa rindu ini, kurasa sudah saatnya aku harus kembali ke dunia nyataku yang sekarang, tak baik rasanya berlama-lama dengan menari-nari bersama kenangan-kenangan masa lalu....
Tepat jam 20.00 Kereta Api Senja Utama membawaku kembali ke Jakarta, menuju hari-hari yang akan ku ukir lagi kisah hidupku....